Tafsir Al-Mishbah, Surat At-Thalaq : 6

  • Tempatkanlah mereka para istri yang dicerai itu dimana kamu wahai yang menceraikannya bertempat tinggal.
  • kalau dahulu kamu mampu tinggal di tempat mewah dan sekarang berpenghasilan menurun, maka tempatkanlah mereka di tempat sesuai dengan kemampuan kamu sekarang.
  • dan janganlah sekali-kali kamu menyusahkan mereka dalam hal bertempat-tinggal atau selainnya dengan tujuan untuk menyempitkan hati dan keadaan mereka sehingga mereka terpaksa keluar atau minta keluar. dan jika mereka istri-istri yang sudah dicerai itu sedang hamil (baik perceraian yang masih memungkinkan untuk rujuk maupun yang ba’in (perceraian abadi) maka berikanlah nafkah mereka nafkah sepanjang masa kehamilan itu hingga mereka bersalin
  • jika mereka menyusukan untuk kamu, yakni menyusukan anak kamu yang dilahirkannya itu dan yang membawa nama kamu sebagai bapaknya, maka berikanlah kepada mereka imbalan mereka dalam melaksanakan tugas menyusukan itu.
  • dan bermusyawarahlah di antara kamu dengan mereka segala sesuatu termasuk soal imbalan tersebut dengan musyawarah yang baik sehingga hendaknya masing-masing mengalah dan mentoleransi.
  • dan jika kamu menemukan kesulitan dalam hal penyusuan itu,misal si ayah enggan membayar dan si ibu enggan menyusukan, maka perempuan lain pasti akan dan boleh menyusukan anak itu untuk ayah-nya baik melalui air susunya maupun susu buatan. karena itu jangan memaksa ibunya untuk menyusukan sang anak, kecuali jika bayi itu enggan menyusu selain susu ibunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s