27 Agustus 2013 : Renaissance (1/2)

Bismillah, sekian lama engga posting, tetiba gue ingin sharing, dan kali ini masalahnya serius karena menyangkut masa depan, idealisme, dan realita #tsaah

dan gue akan bercerita dari awal, siapa dan bagaimana diri gue, sampai gue ngerasa ‘the dots will be connected.’

Design Grafis

ini dimulai dari organisasi di salah satu kampus gue, yakni Lingkar Studi Ekonomi Syariah (Lisensi). Hmm, ini mungkin yang namanya takdir ya ? pertama kalinya masuk sini, gue langsung dapet kerjaan design grafis, padahal saat itu gue ga paham sama sekali tentang design grafis, buta sama sekali. tapi, mau ga mau, yang namanya amanah kan tetap harus diselesaikan ya ? dan entah kekuatan darimana, gue bisa menyelesaikannya dalam waktu 2 hari, dengan effort ‘apa adanya’ hahaha

dan disinilah, momen dimana baru pertama kalinya gue punya netbook, netbook dengan photoshop cs3. ga habis pikir betapa beratnya gue ngerjain design dengan fasilitas ini :(( tapi emang harus sabar, dan gue sangat percaya dengan kata2 : “keterbatasan itu merupakan kekuatan”.

belajar banyak dari rekan gue, Tio alias Irditio, ditambah berkali2 kerjaan dari organisasi, membuat gue terbiasa dengan profesi ini yang gue sangat keluhkan sebelumnya.
akhirnya gue mulai membuka diri gue, untuk mengerjakan project design grafis di luar ruang lingkup organisasi, dengan kompensasi portofolio dan fee. 
engga terasa udah 6 bulan gue ngerjain ini, dan gue sangat happy karena merasa mendapatkan petunjuk, bahwa inilah salah satu dot dari hidup gue yang kedepannya akan terkoneksi dengan dot-dot lain :)

Accounting and Financial Management
Well, setelah bergulat selama 2 tahun di kampus, gue menyadari, sepertinya ada yang salah sama diri gue tentang makna belajar dalam perkuliahan. Mengapa ? disini gue ngeliat kalo mahasiswa dituntut hanya untuk bisa mengerjakan soal UAS dan UTS dari seluruh mata kuliah.

Apakah ada yang salah ? Tidak, sama sekali tidak, cuma gue ngerasa aneh aja ketika gue mendapatkan nilai bagus, tetapi tidak menemukan feel-nya dalam belajar, yang berakibat ilmu tersebut hanya sampai di UTS dan UAS, dan setelah itu, selesai.

di semester 5, gue udah mulai nyadar, kalo gue harusnya udah punya fokus sama salah satu bidang ilmu, dimana mata kuliah lain tidak gue pedulikan, bahkan sama sekali tidak dipelajari (ini sangat tidak dianjurkan sebenernya), dan keputusan ini gue ambil, yakni fokus untuk mendalami akuntansi dan manajemen keuangan karena gue ngerasa ilmu ini wajib dimiliki setiap orang, dimana nantinya ketika di dunia kerja maupun di dunia wirausaha, gue akan membutuhkan sekali kedua ilmu tersebut. Dan parahnya, gue ga pernah belajar untuk mata kuliah selain diatas, hanya masuk kelas, absen, dan mengikuti perkuliahan ckck

lalu, dot kedua mulai bertemu, yakni akuntansi dan manajemen keuangan.

di tahun 2012, bulan oktober tepatnya, gue dapet amanah dari Organisasi kampus gue, Lisensi, menjadi Project Officer dalam suatu acara bertemakan technopreneur. dimana ini merupakan saat-saat terberat karena netbook yang menemani kerja gue selama 7 bulan, mengalami kerusakan pada LCDnya dan sangat tidak mungkin dipakai kerja. Padahal bertumpuk kerjaan mengharuskan gue untuk standby aktif di depan laptop, dari mulai kepentingan event sampai ngerjain codingan xml untuk aplikasi android Sharee.
namun apa daya😦
akhirnya, gue kesana kemari pinjem laptop temen2 gue, kerjaan gue, calling-in temen2 yang punya laptop. very grateful for you, guys😀

sebenernya gue udah mulai agak nyerah disini, tentang impian dan takdir gue, sekarang laptop gue rusak, duit ga ada, kerjaan amanah banyak, ngerasa kalo ini semua bukan takdir gue untuk menjadi apa yang gue pengen, menjadi graphic designer dan finance-man, karena gue sangat butuh laptop.

 

 

Leave a Reply

