focus and act!

yap, tinggal sisa 4 bulan lagi menuju 2014, dimana gue bakal masuk ke usia 23, dimana gue akan mengakhiri masa studi S1 (amin), dimana gue mulai mengambil semua tanggung jawab keuangan dan sebagainya.

berbagai kegiatan udah gue jalanin, dari mulai menjadi freelancer graphic designer, creative designer UMKM, sampai manage finance-nya UMKM. dan saat ini, di usia akhir masa muda gue, 22 tahun. gue betul2 mau fokus ke bidang yang sangat gue cintai.

sebenernya gue ngerasa kalo kemampuan gue di graphic design ini masih low banget.  di dunia design ini gue harus menguasai 3 aplikasi wajib :
1. photoshop untuk manipulasi

2. illustrator untuk menggambar objek

3. indesign untuk menyatukan keduanya di dalam media yang berwujud reader (print or e-books)

dan, karena gue harus ngerjain proyek berbasis digital marketing, gue wajib bisa : Html dan Css, serta know to convert PSD to Html and Css 🙂

and then, digital marketing itu harus bisa mengolah konten menarik untuk memikat customer, dan wordpress CMS mau engga mau harus ikutan paham juga, minimal custom theme, karena limited gue sebagai designer🙂

digital marketing : blogging, content, design, creative <– keyword

and then, untuk support UMKM, gue harus paham juga yang namanya financial management and basic accounting.
tiap perusahaan, harus melaporkan aktivitas keuangannya, yakni : laporan neraca, laba rugi, perubahan modal, cashflow.
yang nantinya akan dilihat variabel2, seperti : revenue, cashflow, net income, biaya/beban perusahaan, capital gain.

dan setelah laporan keuangan di arrange, gue harus bikin analisa laporan keuangannya, untuk ngeliat rasio2 keuangannya, bagaimana cash ratio-nya ? Return On Asset ? Return on Equity ? soalnya, hasilnya akan dikasih ke investor sebagai bentuk pertanggung jawaban perusahaan.

Nah, disini gue bakal fokus ke marketing dan finance, so, gue harus paham juga yang namanya business model canvas, and how to arrange it like a puzzle game 🙂

semangat bekerja!

Leave a Reply

