19 September 2013 : Personal Branding, build now!

20130919_133314

“Personal Branding is about your passion, skill, networking, and portofolio”

Kamis siang yang sedikit diguyur hujan, tepatnya tanggal 19/9/2013, Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk sharing pengalaman di kajian perdana lisensi 2013.  Jarang-jarang gue dapat kesempatan ngisi materi, biasanya juga ngisi bak mandi.  But, hari ini luar biasa banget, bisa berbagi cerita dengan temen2 uin🙂

Di acara kajian perdana lisensi ini, gue sharing tentang personal branding. Yap, personal branding. Bagaimana persepsi orang terhadap diri lo ? kemampuan apa dari diri lo yang diakui oleh sekitar lo, terutama pasar tenaga kerja. Ini sedikit materi, yang tadi gue share sama temen2🙂

gue pengen banget temen2, khususnya adek2 kelas gue, bisa membangun personal branding dari sekarang. Dimulai dari hal-hal yang kecil, seperti weekly blogging and share to social networking, menjadi volunteer di organisasi / perusahaan, memperdalam core competence, dsb.

Jujur, gue baru sadar akan hal ini, baru sekitar 1 tahun yang lalu. telat sih, tapi ga kata telat untuk berubah😀

so, gue ga pengen adek2 gue, ngalamin hal yang sama kayak gue, mereka harus aware sama dirinya untuk berubah, naik level, memperbanyak portofolio dari sekarang.

Eh, nanti dulu deh, portofolio itu apa sih ? hmm, jadi begini, ketika kita memperbanyak pengalaman kita dalam bekerja, misal menjadi volunteer dalam suatu organisasi, maupun dalam usaha kecil, disaat itu juga kita sedang dalam proses memperbanyak portofolio,

Nah, apa untungnya sih kita memperbanyak portofolio ?

sekarang kita balik aja deh posisinya, kalau lo punya perusahaan, lo akan hire karyawan berpengalaman atau yg belum berpengalaman ? jawab sejujurnya ya!

“Semakin banyak portofolio, maka semakin DIPERCAYA pula lo dimata orang lain.”

sekarang kita kembali ke blogging.

lho, kok jadi ngebahas blogging ? buat apa sih ?

gue punya cerita menarik, temen gue, seorang programmer web dan android, dia membangun personal brandingnya via blogging. Dia rajin banget posting tentang dunia web dsb, dan kemudian dia post ke social networking, dan feedback-nya, saat ini dia punya banyak relasi dari blog yang menawarkan PROJECT. luar biasa kan ? coba lo custom cerita diatas sesuai dengan profesi / bidang lo saat ini.

Coba kita rangkai cerita diatas ya :

– menjadi volunteer

– memperbanyak portofolio (pengalaman)

– keep posting di blog sesuai passion

– Post aktivitas kalian itu di blog dan share di facebook / twitter

– buat account linked-in dan coba belajar menjadi professional🙂

insha Allah kalo kita konsisten nerapin point2 diatas, kita bisa membangun personal branding yang luar biasa. Mumpung masih muda, masih produktif, masih bersemangat. Itu aja deh. One week, one posting : post your passion!

Leave a Reply

